Tanggal, 23 August 2024, Oleh Administrator


 (22/8/2024), Sosialisasi Kegiatan Kolaborasi Satu Peta untuk Kalimantan Timur (KITA KALTIM) diselenggarakan di Hotel Fugo Samarinda, dihadiri oleh perwakilan dari organisasi perangkat daerah tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota, yang berperan sebagai walidata pendukung dan pengguna.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Bapak Abdurrahman, Sekretaris Dinas PUPR-PERA Provinsi Kaltim, diikuti oleh presentasi dari Bapak Althariq Febrino, Koordinator Kelompok Substansi Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Wilayah IIIA, serta Ibu Nurani Citra Adran, Kepala Bidang Penataan Ruang.

KITA KALTIM bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai data dan informasi spasial yang sesuai dengan program serta kegiatan sektoral yang melibatkan perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait. Sinkronisasi Program Pemanfaatan Ruang (SPPR) jangka menengah dan pendek dijadikan dasar dalam pembuatan peta tematik yang menghubungkan program dan kegiatan pemanfaatan ruang di dalam KITA KALTIM.

Peta Tematik yang dihasilkan menunjukkan keselarasan data dan peta yang digunakan sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan strategis.

Kolaborasi Peta Satu Kaltim memainkan peran penting dalam membantu OPD memahami dan menyelaraskan program-program terkait pemanfaatan ruang. Dengan peta tematik ini, setiap program dapat disinkronkan dengan rencana tata ruang yang ada, memastikan pemanfaatan ruang yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan daerah.