Tanggal, 01 December 2022, Oleh Administrator


SAMARINDA (30/11), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahaan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan acara donor darah pada hari rabu, 30 november 2022, pukul 08.00 -  selesai di kantor Dinas Pekerjaan umum penataan ruang dan perumahan rakyat.

Kegiatan donor darah  yang di fasilitasi PMI Samarinda, sering kali menjadi kegiatan rutin dinas PUPR & PERA untuk melaksanakan donor darah. sebab, seperti yang diketahui bahwa donor darah tidak hanya sebagai kegiatan amal tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya ditranfusikan kepada orang lain. Sayangnya masih banyak orang yang takut donor darah dengan beragam alasan, Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak

Berikut kami rangkum 9 manfaat donor darah yang dilansir dari zurich.co.id

 

1. Melancarkan Aliran Darah dan Produksi Sel Darah Merah Jadi Meningkat

Manfaat donor darah rutin yang pertama dan wajib diketahui adalah kemampuannya membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat produksi sel darah merah jadi lebih meningkat. Mendonorkan darah bisa membuat sumsum tulang belakang menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang. Kemudian, tubuh juga akan lebih cepat menghasilkan darah baru.

 

2. Mendapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebelum mendonorkan darah, Anda pasti akan diperiksa berat badan, kadar hemoglobin, suhu tubuh, tekanan darah, dan nadi. Bila sudah melalui proses donor darah, darah akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan berbagai tes untuk memastikan darah Anda tidak akan menimbulkan penyakit bila sudah masuk dalam tubuh orang lain. Jika saat tes tersebut ditemukan suatu penyakit atau virus dalam darah, pasti Anda akan diinformasikan.

 

3. Menjaga Kadar Zat Besi dalam Darah Agar Lebih Stabil

Manfaat donor darah lainnya adalah kemampuannya mengurangi kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh. Pasalnya zat besi yang berlebih dalam darah bisa meningkatkan radikal bebas dan oksidasi kolesterol yang ada dalam tubuh dan bisa meningkat faktor risiko terjadinya kanker, hepatitis C, serangan jantung, stroke dan penuaan dini.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat donor darah keempat adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Khasiat ini nantinya bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, kolesterol yang terdapat di darah bisa berkurang bersamaan dengan darah yang keluar.

 

5. Mengurangi Berat Badan

Mendonorkan darah sebanyak satu kantong bisa membakar sebanyak 650 kalori. Makanya, donor darah dipercaya bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal sehingga bisa mengurangi risiko obesitas. Namun, perlu diingat jika cara ini jangan dijadikan sebagai satu-satunya langkah untuk mengurangi berat badan, terutama jika Anda sudah berada di bawah berat proporsional. Hubungi ahli kesehatan pribadi Anda dan terus menerapkan gaya hidup yang sehat secara rutin untuk memperoleh berat ideal.

 

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bagi jantung sendiri, manfaat donor darah rupanya sangat penting, yakni mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mencegah tubuh jadi lebih cepat sakit. Selanjutnya, donor darah bisa mengurangi terjadinya darah jadi mengental. Bila darah mengental, akan terjadi gesekan pembuluh darah dan sel darah pun menjadi semakin besar. Kondisi ini akan memicu pembuluh darah jadi tersumbat dan penyakit jantung bisa terjadi.

 

7. Baik untuk Kesehatan Psikologis

Semua orang akan merasakan bahagia setelah membantu orang lain. Hal ini juga bisa Anda peroleh lewat donor darah. Dengan mendonorkan darah Anda, secara tidak langsung Anda akan membantu menyelamatkan hidup orang lain yang membutuhkan darah tersebut.

 

8. Luka Jadi Cepat Sembuh

Melakukan donor darah otomatis akan membuat sel darah merah dalam tubuh menjadi berkurang. Biasanya, setelah donor darah, tubuh akan melakukan penyesuaian akibat kurangnya sel darah merah itu. Nah, saat tubuh mengalami luka dan sel darah merah berkurang, tubuh juga akan melakukan penyesuaian untuk menyembuhkan luka tersebut.

 

9. Usia Bisa Lebih Panjang

Manfaat donor darah yang terakhir adalah secara tidak langsung bisa membuat usia lebih panjang. Salah satu alasannya karena sifat tidak mementingkan diri sendiri dan sering berbuat baik yang bisa meningkatkan harapan hidup seseorang jadi lebih lama. Argumen ini dilansir di jurnal kesehatan Health Psychology milik American Psychological Association (APA) di mana riset menemukan bahwa orang-orang yang rajin melakukan tindakan sukarela memiliki jenjang hidup yang lebih lama.

 

Itulah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan. Sebelum lanjut melakukan donor darah, pastikan Anda sudah tidur yang cukup semalam serta makan dan minum yang cukup 3-4 jam sebelum donor. Dengan demikian, Anda akan menghindari pusing dan lemas setelah donor darah.