Tanggal, 14 August 2022, Oleh Administrator


SAMARINDA – Pelatihan Serentak
Bertempat di Selyca Mulia Hotel, Samarinda, Bidang Bina Konstruksi melaksanakan kegiatan ke-3. Kegiatan itu adalah Pelatihan & Sertifikasi Tenaga Ahli Muda (jenjang 7) Teknik Sumber Daya Air (SDA) & Teknik Jalan dengan tema Kesiapan Tenaga Ahli Muda Teknik Sumber Daya Air dan Teknik Jalan Kalimantan Timur dalam Ibu Kota Nusantara, Selasa (9/8).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas PU PR PERA Prov dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim Ir Dadang Irwan,ST, Hadir dalam kegiatan ini kepala Dinas PUPR kabupaten dan kota secara daring.

Sementara pejabat lain yang hadir adalah Kepala Bidang Bina Konstruksi, Sri Rejeki, pejabat struktural dan pejabat fungsional ahli muda di lingkup Dinas PUPR Pera Kaltim, Ketua DPD Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (ATAKI) Kaltim Zainal Abidin dalam hal ini mewakili LSP ATAKI. Ketua TUK Sewaktu Mitra Hatsindo dalam Hal ini mewakili LSP HATSINDO Indonesia Teknik, LSP HATSINDO serta para narasumber pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli muda (Jenjang 7) Teknik Sumber Daya Air & Teknik Jalan yang berasal dari Dinas PUPR Pera Kaltim, Disnakertrans Kaltim, Universitas Mulawarman, Universitas 17 Agustus 1945, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Muhammadiyah Kaltim dan Himpunan Ahli Kontrak Konstruksi Indonesia.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 30 peserta masing-masing kelas Tenaga Ahli Muda Teknik SDA. Peserta terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahaan Rakyat Penajam Paser Utara 2 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah 1 orang, Dinas PU Kab Kukar 5 orang, Dinas PUPR pemkot kota 1 orang, Dinas PU Prov Kaltim 1 orang, BWS Kaltim IV Samarinda 4 orang, Asosiasi 1 orang, kontraktor 5 orang, konsultan 9 orang dan perorangan 1 orang.

Untuk kelas Tenaga Ahli Muda Teknik Jalan juga berjumlah 30 orang terdiri dari Dinas PU Kukar 9 orang, UPTD Lab bahan Konstruksi 1 orang, Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov Kaltim 1 orang, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kaltim 1 orang, Dinas PUPR Pera kaltim 10 orang, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) PUPR Samarinda 1 orang, kontraktor 4 orang, dan konsultan 3 orang.

Pelatihan diawali arahan Sekretaris Dinas PUPR Pera Kaltim Ir Dadang Irwan MT yang menyampaikan sertifikasi ini sesuai ketentuan UU No 2/2017, tentang Jasa Konstruksi. Sesuai ketentuan, semua tenaga kerja konstruksi bersertifikat merupakan keharusan sebagai syarat untuk bekerja di sektor jasa konstruksi.

Sementara Panitia Kegiatan, Sri Rejeki, ST, M. Si menyampaikan, tenaga ahli merupakan ahli yang memiliki kompetensi sub-klasifikasi ahli pengembangan wilayah. Misalnya untuk sumber daya air maka menguasai sungai, ahli sungai dan danau, ahli bendung dan bendungan, ahli irigasi dan drainase lahan, ahli rawa. Sedangkan teknik jalan merupakan ahli memiliki kemampuan mendesain geometeri dan struktur jalan serta melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan.

Kegiatan ditandai dengan penyerahaan seminar KIT secara simbolis oleh Sekretaris Dinas PUPR Pera Kaltim Ir. Dadang Irwan MT juga oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air Runandar ST MSi dan Kepala Bidang Bina Marga Irhamsyah ST,MT kepada Ir. Baharudin Syaffruddin ST yaitu Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dari BPBD Kukar dan Denni Andrayani ST dari CV Indico, sekaligus perwakilan dari kelas Tenaga Ahli Muda Teknik Sumber Daya Air.

Sementara perwakilan dari kelas Tenaga Ahli Muda Teknik Jalan yaitu Annisa ST dari Dinas PUPR Kukar dan Muhamad Khadafi Hidayatullah ST dari CV Jasa Pribhumi.