Tanggal, 11 September 2021, Oleh Administrator


Pekalongan – Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (8/9/21) yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae dilakukan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Pekalongan.

 

Dalam kesempatan tersebut Ridwan Bae mengatakan dukunganya terhadap peningkatan kapasitas jalan strategis penghubung obyek wisata dan pusat ekonomi masyarakat Pekalongan yang saat ini kondisi jalannya mengalami kerusakan akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Februari tahun 2021 lalu yang terjadi di wilayah Kabupaten Pekalongan dan belum dapat ditangani oleh pemerintah daerah karena keterbatasan anggaran akibat refocussing untuk penanganan Pandemi COVID-19.

 

“Pada bulan Februari 2021 lalu hujan deras dengan intensitas tinggi telah mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan dan telah membuat kerusakan menjadi lebih parah di sejumlah akses jalan dan menghambat mobilitas warga. Melalui surat dari Bupati bahwa dengan bergesernya prioritas penganggaran dari penanganan infrastruktur dialihkan untuk penanganan dampak COVID-19 maka banyak kerusakan infrstruktur yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah daerah”, jelas Ridwan Bae

 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Akhmad Cahyadi, mengungkapkan bahwa usulan jalan menuju akses wisata, kawasan industri, pertanian holtikultura, pertambak ikan, dan pusat perekonomian yang berada di wilayah Kab. Pekalongan akan di evaluasi dan kemudian dilakukan survei investigasi kelapangan bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – DIY untuk ditindakalanjuti.

 

“Dari seluruh usulan yang disampaikan, terdapat jalur ekonomi, wisata, pertambakan, pertanian dan Kawasan Industri Watusalam serta Jembatan Kali Jambe akan kita lakukan evaluasi survey investigasi ke lapangan bersama teman-teman dari balai untuk kemudian di laporkan ke Bapak Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga mungkin jika tidak seluruh usulan sebagian bisa ditangani dan diprioritaskan untuk bisa segera menumbuhkan perekonomian dari masyarakat” kata Akhmad Cahyadi.

 

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut para Anggota Komisi V DPR RI, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Akhmad Cahyadi, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah – DIY Satrio Sugeng Prayitno, dan perwakilan Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Jawa III. (Dit/Rian)